Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam istilah asing disebut Classroom Action Research oleh Carr & Kemmis (McNiff, 1991) didefinisikan sebagai berikut:
Action research is a form of self-reflective enquiry undertaken by participants (teachers, students or principals, for example) in social (including educational) situations in order to improe the rationality and justice of (1) their own soial or educational practices, (2) their understanding of these practices, and (3) the siuations (and institutions) in which the practices are carried out.
Terjemahannya kurang lebih demikian:
Penelitian tindakan adalah suatu bentuk penyelidikan refleksi diri yang dilakukan oleh peserta (guru, siswa atau kepala sekolah, misalnya) dalam situasi sosial (termasuk pendidikan) untuk meningkatkan rasionalitas dan keadilan (1) praktek sosial atau pendidikan mereka sendiri, (2) pemahaman mereka tentang praktik ini, dan (3) siuations (dan lembaga) di mana praktik dilakukan.
Dari situ, kita dapat lihat beberapa poin
Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat.
Action research is a form of self-reflective enquiry undertaken by participants (teachers, students or principals, for example) in social (including educational) situations in order to improe the rationality and justice of (1) their own soial or educational practices, (2) their understanding of these practices, and (3) the siuations (and institutions) in which the practices are carried out.
Terjemahannya kurang lebih demikian:
Penelitian tindakan adalah suatu bentuk penyelidikan refleksi diri yang dilakukan oleh peserta (guru, siswa atau kepala sekolah, misalnya) dalam situasi sosial (termasuk pendidikan) untuk meningkatkan rasionalitas dan keadilan (1) praktek sosial atau pendidikan mereka sendiri, (2) pemahaman mereka tentang praktik ini, dan (3) siuations (dan lembaga) di mana praktik dilakukan.
Dari situ, kita dapat lihat beberapa poin
- Penelitian tindakan adalah satu bentuk inkuiri (penyelidikan) yang dilakukan melalui refleksi diri.
- Penelitian tindakan dilakukan oleh peserta yang terlibat dalam situasi yang diteliti, seperti guru, siswa, atau kepala sekolah.
- Penelitian tindakan dilakukan dalam situasi sosial, termasuk situasi pendidikan.
- Tujuan penelitian tindakan adalah untuk memperbaiki: dasar pemikiran dan kepantasan dari praktik-praktik, pemahaman terhadap praktik tersebut, serta situasi atau lembaga tempat praktik tersebut dilaksanakan.
Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat.
Komentar
Posting Komentar
Silahkan tulis komentar dan pendapat Anda. Ini sangat berarti bagi saya. Terimakasih.