Langsung ke konten utama

Pelatihan Operator Sekolah

Suasana Pelatihan Operator
UPT Dindikbud Kandangserang bekerja sama dengan Tim Operator dari Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan mengadakan pelatihan bagi guru SD se-Kandangserang untuk menjadi Operator Sekolah. Operator sekolah merupakan tugas tambahan bagi guru SD baik guru kelas maupun guru mapel yang memiliki kemauan dan kemampuan untuk mengoperasikan komputer. Tugas tambahan ini nantinya berupa mengentri data sekolah baik data fisik maupun non fisik. Data fisik dapat berupa gedung sarana dan prasarana sekolah seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, dan segala sesuatu yang menunjang fisik sekolah. Data non fisik dapat berupa data siswa serta data pendidik dan tenaga kependidikan (PTK).
Pelatihan yang dilaksanakan pada hari Senin, 18 Juni 2012 bertempat di Gedung Dwija Graha Kandangserang dimotori oleh yang terhormat Kepala UPT Pendidikan Kandangserang didampingi operator UPT Sdr. Wahyu. Mengundang tim ahli dari Operator Kabupaten yaitu Sdr. Supriyana. Pelatihan berlangsung hangat dan lancar. Hal ini tentu karena dilatar belakangi oleh guru-guru yang sudah melek IT. Ini sangat menggemberikan karena meskipun letaknya di Pekalongan selatan namun untuk urusan tekonologi informasi mereka tidak ketinggalan dan bahkan lebih dari yang diharapkan.
Peserta pelatihan dibekali untuk dapat mengoperasikan perangkat lunak (software) berupa Aplikasi Pendataan Pendidikan yang diberikan secara cuma-cuma saat mengikuti pelatihan. Peserta dibimbing untuk dapat secara terampil mengentri data menggunakan aplikasi yang telah diberikan. Sebelumnya, para calon operator juga dibimbing cara menginstall software. Sangat mengagumkan karena tidak ada satu pun calon operator yang merasa kesulitan. Luar biasa!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Formulir Surat Keterangan Untuk Mendapatkan Pembayaran Tunjangan Keluarga (Form Model D.K)

Bagi pegawai negeri sipil, pengisian formulir Surat Keterangan Untuk Mendapatkan Pembayaran Tunjangan Keluarga (SKUMPTK) merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya, yaitu sekitar bulan Oktober. Bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS), pengisian formulir SKUMPTK perlu dilakukan untuk memasukkan anggota keluarga mereka yang belum mendapatkan tunjangan agar ketika menerima gaji kelak, anggota keluarga yang menjadi tanggungannya telah terbayar tunjangannya.  Formulir ini biasanya telah dipersiapkan oleh bendahara gaji di instansi masing-masing untuk diisi secara manual, diketik maupun ditulis menggunakan ballpoint, untuk kemudian difotokopi rangkap empat ditandatangani, cap instansi dan dikumpulkan.

Cara Mudah Hitung Nilai Ujian dan Rapot Menjadi Nilai Ijazah SD

Anda hendak menghitung nilai rata-rata rapor dari kelas 4 sampai kelas 6 dan nilai hasil ujian sekolah teori dan praktik? Jangan pakai kalkulator, bisa memakan waktu lama. Pakai saja Ms. Excel. Meskipun Anda belum mahir menggunakan program Ms. Excel, tapi dengan mendownload file contoh yang saya upload, insya Allah semuanya akan jadi mudah karena yang perlu lakukan adalah menginput data. Tidak perlu menyusun formula dan menghitung angka-angka yang panjang. dan semuanya akan masuk ke konsep ijazah. Awas! jangan merubah apapun pada sheet yang berwarna merah kecuali Anda memang faham formula dalam Ms. Excel.

Pembelajaran Tematik di Kelas Tinggi

Pembelajaran berbasis tematik pada kelas rendah (kelas 1 - 3) telah terbiasa dilakukan oleh guru semenjak diterbitkannya kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada tahun 2006. Pembelajaran tematik bertolak dari anggapan bahwa peserta didik pada usia 6 hingga 9 tahun masih berfikir secara integral atau menyeluruh. Oleh karena itu pada usia tersebut (kelas 1 - 3) diterapkan pembelajaran tematik. Pada tahun 2013 kembali diluncurkan kurikulum baru, yang merupakan penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya. Pada kurikulum yang baru ini, pembelajaran tematik diterapkan dari kelas rendah hingga kelas tinggi (kelas 1 hingga kelas 6). Bagi sebagian guru kelas rendah, pembelajaran tematik tentu sudah biasa meskipun ada sedikit penyempurnaan. Nah, bagaimana dengan pembelajaran tematik di kelas tinggi oleh guru kelas tinggi yang umumnya membagi materi ke dalam mata pelajaran?